Cara Berdagang Online Tanpa Modal Dengan Dropshiping

Cara Berdagang Online Tanpa Modal Dengan Dropshiping | Halo.. teman – teman internet marketer semua. Semoga hari ini teman – teman dilimpahi kerahmatan oleh Yang Maha Kuasa.
Kali ini saya mau membahas tentang panduan dropshiping. Mungkin banyak dari teman – teman pembaca yang sudah familiar dengan sistem dropshiping di dunia internet marketing. Namun banyak juga yang PM ke saya tanya tentang berdagang onlineyang tanpa modal.
Mungkin sedikit perlu diluruskan, dropship merupakan bisnis online yang “tanpa” modal. Namun bukan berarti teman – teman sama sekali tidak keluar modal untuk menjalankan bisnis ini. Karena mau tidak mau, berbisnis online (apapun bentuknya) pasti membutuhkan modal, paling tidak modal waktu yang dibutuhkan untuk promosi tidak sebentar. Juga modal untuk beli paket data, supaya bisa nglayani customer yang datang tidak kenal waktu. Simak bagaimana cara kerja dropshiping berikut ini.

Skema dropship secara sederhana, seperti ini:
Perhatikan gambar berikut:
Cara Berdagang Online Tanpa Modal Dengan Dropshiping
Kita sebagai dropshiper melakukan promosi barang milik supplier dengan menggunakan nama toko/brand milik kita.
=>Kemudian customer melakukan pembelian atau order kepada kita, dan mentransfer uang sejumlah harga (yang sudah di-mark up) ditambah biaya pengiriman ke rekening kita.
=> Baru kita melakukan order kepada supplier atas nama customer kita, serta alamat pengiriman kepada customer kita. Jangan lupa memberikan informasi kepada supplier bahwa nama pengirim menggunakan nama toko kita.
=> Setelah itu tugas supplier mengirimkan barang kepada customer kita.
Jadi kita sebagai dropshiper hanya bertugas menjual produk dengan memberikan pelayanan yang maksimal kepada customer, tanpa perlu memikirkan modal (uang), packing, dan pengirimannya. Karena itu merupakan tugas supplier kita.
Nah, pertanyaannya, bagaimana kita bisa mendapatkan informasi supplier yang terpercaya?
Kadang, kita bisa dapat supplier yang terpercaya namun pelayanan kepada customer kita mengecewakan (jangan lupa, prisip berjualan secara online yang utama adalah pelayanan yang maksimal, customer lebih memilih membeli produk dari online shop yang fast response). Tidak heran jika mereka kurang maksimal dalam melayani customer kita. Karena, kebanyakan supplier juga me-retail (mengecer) produk mereka sendiri, jadi mereka memiliki customer sendiri. Sehingga mereka lebih mengedepankan customer mereka sendiri dan menomorduakan customer kita sebagai dropshiper.
Logikanya, mereka akan mendapat keuntungan yang lebih dari customer mereka dibandingkan keuntungan dari dropshiper (yang kebanyakan menggunakan harga grosir). Selain itu, mereka juga lebih mengedepankan nama toko mereka untuk membangun branding.
Lha terus solusinya bagaimana supaya kita bisa mendapat supplier yang terpercaya dan memiliki pelayanan yang maksimal kepada customer kita?
Untuk pertanyaan di atas, saya menyarankan kepada teman – teman untuk mencari supplier yang seperti ini :
 
1.        Supplier yang sudah kita kenal secara pribadi di luar bisnis online. Untuk kriteria ini saya tidak usah menjelaskan alasannya, teman – teman saya anggap sudah mengerti.
2.        Supplier yang benar – benar supplier, yang tidak menjual produk mereka secara retail/eceran. Jadi mereka akan berpangku kepada kita untuk menjalankan bisnisnya.
3.        Supplier “premium”. Lho, memang ada supplier premium? Itu Cuma bahasa saya untuk membahasakan supplier yang memungut biaya kepada calon dropshipernya. Kenapa musti bayar? Toh kita bakal menjualkan produk – produk mereka. Ini alasannya :
·          Mereka adalah supplier yang benar – benar supplier (penjelasannya sama dengan nomor 2).
·          Dengan memungut biaya pendaftaran, berarti mereka sudah berkomitmen untuk melayani dropshiper secara maksimal. Logikanya, jika mereka tidak melayani dengan baik, maka mereka mempertaruhkan brand yang mereka bangun akan hancur dengan tidak memberikan pelayanan maksimal. Yang perlu teman – teman ketahui, mereka membangun brand menggunakan biaya yang tidak sedikit.
Dari sini saya akan fokus dengan supllier no. 3. Karena saya anggap teman – teman bisa tanya sana sini atau googling untuk mencari supplier no. 1 dan no. 2. Saya punya dua rekomendasi untuk supplier no. 3.
 
1.        Cakning
Cakning yang merupakan marketplace bagi para supplier. Di sana banyak supplier yang menawarkan produknya kepada dropshiper. Biaya pendaftaran Cakning sebesar Rp.100.000. Keuntungan mendaftar sebagai sropshiper di sana sebagai berikut :
·          Ribuan produk siap jual yang tersedia di sana.
·          Sudah tersedia profit dari tiap – tiap produk, meski kita bisa mark up lagi.
·          Terintegrasi dengan theme online shop seperti woocommerce dan lapak instan, sehingga kita tinggal mengintegrasikan dan produk yang kita pilih sudah terposting di online shop kita. (saya menggunakan Lapak Instan untuk memajang dagangan dari sana. Bisa dicek di www.GoraShoP.com.
·          Tersedia aplikasi android – nya, sehingga kita bisa berjualan secara mobile.
·          Tersedia toko online siap pakai bagi anda yang tidak mau ribet denga membuat toko online sediri. Contoh toko online siap pakai milik saya seperti ini http://cakning.com/?sp=AA085.
·          Selain mendapat keuntungan dari berjualan produk, kita juga bisa mendapat keuntungan dari sistem affiliasinya dengan komisi 100% atau sebesar Rp.100.000 untuk setiap orang yang bergabung menjadi dropshiper di Cakning melalui link affiliasi kita.
·          Yang paling menarik, terdapat E-learning yang akan mengajarkan kepada anda bagaimana memaksimalkan penjualan anda. Fasilitas ini selalu di – update mengikuti perkembangan yang ada.
Untuk mendaftar sebagai dropshiper Cakning, klik di sini.
2.        Supplier ID
Supplier ID yang merupakan e-commerce yang lumayan besar. Kebanyakan produk yang dijual merupakan produk import. Biaya pendaftaran Supplier ID sebesar Rp.100.000. Keuntungan mendaftar sebagai dropshiper di sana sebagai berikut :
·          Ribuan produk siap jual yang tersedia di sana.
·          Produk yang dijual merupakan produk import.
·          Produk eksklusi, artinya harga grosir hanya bisa dilihat jika kita terdaftar sebagai member.
·          Selain mendapat keuntungan dari berjualan produk, kita juga bisa mendapat keuntungan dari sistem affiliasinya dengan komisi Rp.75.000 untuk setiap orang yang bergabung menjadi dropshiper di Supplier ID melalui link affiliasi kita.
·          Tersedia fasilitas API wordpress, jadi misal kita memiliki website berplatform wordpress, kita bisa mengintegrasikan produk – produk Supplier ID supaya terpampang di website kita tanpa harus posting satu per satu.
·          Tersedia pula E-learning, di mana kita akan diajarkan bagaimana cara berjualan hingga mencapai omzet yang menguntungkan. Yang menarik, kebanyakan materi disampaikan oleh om Denny Santoso sebagai founder Supplier ID.
Untuk mendaftar sebagai dropshiper Supplier ID, klik di sini.
Inilah sedikit penjelasan yang membahas tentang cara berdagang online tanpa modal dengan dropshiping, semoga baik – buruk, sedikit – banyak, dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada pertanyaan, atau mau sharing ilmunya, supaya bermanfaat, silakan posting di FB group Belajar Berdagang Online.
Klik link di bawah, jika anda membutuhkan:

Marketplace Panduan & Perlengkapan Berdagang Online