Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

Mempunyai bisnis di rumah adalah angan-angan sebagian besar ibu-ibu rumah tangga di negeri ini. Peluang usaha-peluang usaha apa sajakah yang dapat kamu eksekusi untuk memiliki bisnis, walau hanya di rumah?

Keadaan perekonomian sekarang ini yang makin tak kondusif, dengan pendapatan tetap, tetapi harga dari barang yang diperlukan makin melambung memerlukan tindakan nyata kita untuk menutupi kesulitan ekonomi yang ada di sekeliling kita pada saat ini, lebih persisnya lingkungan keluarga, salah satu jalannya yaitu dengan berwirausaha.

Permasalahan Berwirausaha bagi Ibu Rumah Tangga.

Kerapkali alasan serupa tak mempunyai modal, tak ada ide, ataupun tak ada waktu jadi ‘biang kerok’ untuk tak merintis suatu wirausaha.

Sebetulnya, perihal tersebut bukan merupakan alasan yang bakal mempengaruhi diri sendiri saat tekat, keinginan, serta semangat sudah ada. Jadi, kalau mau berwirausaha di rumah sebagai ibu rumah tangga milikilah 3 hal ini, tekat, keinginan, serta semangat untuk merintis sebuah langkah berwirausaha.

Untuk yang mengeluhkan tak mempunyai waktu untuk berwirausaha karna merawat anak, rumah, serta lainnya, sebetulnya segalanya dapat diatur dengan memanfaatkan semua waktu senggang untuk berwirausaha. Intinya, ada waktu luang, langsung berwirausaha.

Bagaimana untuk modal gagasan, modal keuangan, serta modal bisnis lainnya bagi ibu-ibu rumah tangga? Untuk modal keuangan serta modal bisnis lainnya bisa dicukupi sesudah gagasan wirausaha apa yang akan dilakukan timbul serta siap untuk dipraktekkan. Tepat sekali, tulisan ini akan memberikan kepada kamu beberapa gagasan luar biasa untuk ibu-ibu rumah tangga memulai wirausaha.

Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga

1. Fashion and Beauty

Perihal yang paling dekat dengan dunia wanita yaitu fashion serta beauty ataupun busana serta kecantikan. Hampir setiap perempuan tidak lepas dari dua hal ini, lebih-lebih ketika hendak pergi keluar rumah.

Ternyata apa yang kita uskai bisa dijadikan sebagai sebuah ide bisnis luar biasa. Kalau kamu berkeinginan dengan fashion serta beauty sebagai suatu gagasan bisnis, tahap pertama yang harus dilakukan lebih lagi, yaitu menggali lebih dalam lagi tentang fashion serta beauty itu.

Untuk fashion, yang semestinya dilakukan riset/pemahaman lebih dalam lagi, yaitu desain pakaian serta bahan dasar pakaian tersebut.

Untuk beauty, yang hendaknya dilakukan pemahaman yang lebih dalam lagi yaitu tentang mutu dari produk kecantikan, juga kesesuaian kulit seseorang dengan produk kosmetik yang akan digunakan.

Perihal ini berguna supaya dalam berdagang kita bakal lebih terlihat profesional serta menambah kepercayaan dari calon pelanggan pada produk yang kita tawarkan.

Bentuk produk yang bisa kita jual bagus via offline ataupun online, yaitu bedak, lipstik, jilbab, busana muslim, kain sarung, sendal, sepatu, desain pakaian, minyak rambut, dan lainnya.

2. Penulisan dan Penerjemahan

Mempunyai kemampuan dalam mengolah kata-kata sehingga membuahkan sebuah informasi yang berguna untuk publik ataupun mempunyai kemampuan menerjemahkan sebuah bahasa dari bahasa asing ke bahasa lainnya? 2 keterampilan ini adalah keahlian yang langka, yang bisa kita bisnis-kan meski cukup berada di rumah.

Untuk keterampilan mengolah kata-kata, kamu bisa membuka suatu bisnis, semacam jasa penulisan artikel, jasa penulisan artikel blog, jasa penyunting, menulis sebuah buku, jadi ghost writer, guest post, ataupun mengirim naskah ke majalah.

Sekarang ini di dunia blogging, jasa penulisan artikel blog adalah jasa yang populer serta amat diperlukan buat sebagian pemilik blog. Sehingga, untuk pasar jasa penulisan artikel untuk blog saat ini amat luas.

Untuk keterampilan menerjemah pula merupakan keterampilan yang dapat dibayar mahal, umumnya diperlukan oleh mahasiswa yang memerlukan terjemahan pada modul mereka ataupun blogger yang memerlukan artikel berbahasa Indonesia untuk dijadikan sebagai bahasa Inggris.

3. Graphic Designer

Jika kamu memiliki latar belakang pendidikan desain komunikasi visual atau punya keahlian di bidang desain, menjadi seorang part time designer adalah sebuah pilihan peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Banyak sekali pada saat ini kesempatan usaha yang bisa kita lakukan kalau jadi seorang designer secara part-time, apa saja kesempatan usaha itu? berikut poin-poinnya :

  • Designer Kartu Nama Bisnis
  • Designer Halaman Website
  • Designer Kaos
  • Designer Interior
  • Designer Produk
  • Designer Logo
  • Designer Kemasan
  • Designer Busana
  • Designer Cover Buku
  • Ilustrator
  • Designer Brosur

Jika kamu memiliki ide lain jangan takut untuk mencoba, target pasar dan bayaran yang diterima untuk pekerjaan yang satu ini bisa dikatakan memiliki prospek yang sangat tinggi.

Untuk pemasaran kemampuan design yang kamu miliki jangan terlalu dibingungkan, karena, hanya dengan bermodal internet lalu memasarkannya di situs freelancer dalam waktu dekat kamu sudah dapat menerima pesanan. Jika lebih berminat lagi untuk mengikuti suatu kompetisi desain  yang bayarannya hingga ribuan dollar, kamu bisa mengikuti kompetisi desain di situs 99designs.com.

Ngomong-ngomong soal 99design, salah seorang teman saya pernah memberikan gambaran bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari 99design tersebut. Di 99design bakal ada seorang konsumen, konsumen itu membeli satu buah desain pada para designer, kemudian, designer bersama designer lainnya bakal berkompetisi untuk menghasilkan yang paling baik. Nantinya, satu pembeli tersebut akan memilih satu desain terbaik dari berpuluh-puluh bahkan ratusan desain yang masuk.

Jadi, ibaratkan sebuah pasar dengan seratus penjual dengan hanya satu pembeli. Siapa yang terbaik menurut pembeli, dialah pemenangnya.

4. Bakery and Cake

Beralih pada peluang usaha yang sangat cocok bagi ibu rumah tangga yang memiliki hobi atau keahlian di bidang baking.

Sepengalaman penulis melihat beberapa kerabat dan ibu rumah tangga di lingkungan yang berbisnis bakery dan cake, peluang usaha ini memiliki prospek yang sangat tinggi. Sasaran pasar yang bisa kita ambil amat luas, semacam penginapan, pelajar, mahasiswa, warung-warung, swalayan, bahkan kios pribadi.

Kunci agar bisnis bakery and cake yang dijual laku keras adalah inovasi, kualitas (rasa), dan kecantikan dari bakery dan cake yang kita buat. Lalu, didukung oleh kemasan yang bernilai jual.

Buat pemasarannya, kita bisa menggunakan melalui online ataupun offline. kalau online, lewat sosial media yaitu hal yang tepat karna dapat langsung menjangkau sasaran pasarnya. Untuk via offline, kamu bisa menitipkannya ke warung-warung atau bekerjasama dengan hotel sebagai pemasok kue-kue.

5. Blogging

Lanjut pada bidang lain, yakni blogging. Blogging merupakan bisnis online yang kita lakukan dengan membangun blog sebagai produk dari bisnis. Blog dibuat dengan diisi konten-konten yang berbobot diiringi dengan pemasaran atau umumnya dikenal blog marketing yang bermaksud menghadirkan banyak orang untuk membaca maupun menyambangi situs kita.

Penghasilan yang dapat kita terima bisa melalui iklan atau penjualan blog-blog yang telah memiliki trafik dan konten.

6. Hobby Kamu

Nah, ini peluang usaha terakhir yang bisa kamu jadikan sebagai sebuah bisnis luar biasa.

Yap, hobbies atau hobi di dalam kehidupan. Ternyata apapun segala hobi kita semuanya bisa dijadikan sebagai sebuah bisnis, mulai dari yang kecil hingga hobi yang merogoh kocek amat besar.

Mulai dari yang kecil, semacam kegemaran/hobby menggambar, kamu selaku ibu rumah tangga dapat memperoleh pendapatan contohnya dengan menjual gambar-gambar itu.

Hobi lain, misalnya menulis. Nah, kamu bisa menjual tulisan-tulisannya di media online atau menjadi seorang editor buku yang bayarannya juga lumayan sebagai penghasilan tambahan.

Hobi bela diri, misalnya karate, nah kamu bisa menjual teknik karate melalui video di media online atau menjual perlengkapan dari bela diri tersebut.

Sebagai contoh ini dia, ibu rumah tangga yang berbisnis dengan hobinya. Yuli Handayani seorang ibu rumah tangga yang bisa menghasilkan uang mulai dari Rp.600.000 sampai Rp.2000.000 cuma dengan berdagang burung cinta alias lovebird .

Temukan apa yang kamu minati, kemudian temukan produk yang hendak dijual, dan mulailah berjualan.

Demikian saja pembahasan mengenai bisnis yang dapat ibu rumah tangga lakukan di rumah. Apapun usahanya, utamakan mutu dari produk yang dijual. selanjutnya, menggunakan sarana pemasaran dengan budget yang sekecil-kecilnya, semisal menggunakan internet.

Semoga pembahasan peluang usaha untuk Ibu rumah tangga ini mampu membawa perubahan pada negeri ini.